Rabu, 12 Agustus 2009

Duta Wisata Aceh 2009 Terpilih

Vivi Anggraini dari Aceh Utara dan Harist Siddiq dari Kota Lhokseumawe dinobatkan sebagai pasangan Agam dan Inong Duta Wisata Aceh 2009 setelah terpilih dalam suatu seleksi ketat yang berakhir, pekan lalu di Taman Budaya Aceh (TBA) Banda Aceh.
Enam orang dewan juri dari berbagai kalangan memberikan nilai tertinggi kepada keduanya dan menyisihkan 17 pasangan lainnya dari 17 kabupaten/kota.
Untuk duta wisata putri, Vivi Anggraini meraih nilai 755, mengalahkan Gita Melisa (Kota Sabang) yang meraih nilai 734 dan posisi ketiga ditempati Radiani (Bener Meriah) dengan nilai 722. Sedangkan duta wisata putra, Harist Siddik meraih nilai 734,5 unggul tipis dari Muhajir (Bener Meriah) dengan nilai 734 dan Bira Agusti (Aceh Utara) dengan nilai 718.
“Setelah melalui seleksi ketat, Vivi Anggraini dan Harist Siddiq terpilih sebagai Duta Wisata Aceh 2009 lewat delapan item penilaian seperti budaya pariwisata, bahasa Inggris dan atraksi,” ujar dewan juri, Ridwan Johan.
Sebelumnya, mereka yang masuk tiga besar juga diberikan sejumlah pertanyaan oleh dewan juri terkait dengan pengembangan budaya dan pariwisata Aceh ke depan.
Pemilihan duta wisata Aceh 2009 berakhir Rabu malam ditutup oleh Wakil Gubernur Aceh, Muhammad Nazar. Turut hadir Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Mirzan Fuadi, Wakil Walikota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal, Wakil Walikota Sabang Islamuddin ST dan undangan lainnya.
Wagub mengajak berbagai komponen masyarakat di provinsi itu agar terus membangun kesadaran untuk melestarikan dan mempromosikan budaya dan pariwisata Aceh ke luar.
“Harapan ini lebih khusus lagi kepada pasangan duta wisata Aceh 2009 yang telah terpilih malam ini,” ujarnya.
Kadisbudpar Aceh, Mirzan Fuadi menyatakan, salah satu strategi mempromosikan potensi aset wisata di Provinsi Aceh, Pemerintah Aceh melalui Disbudpar mengadakan pemilihan (Agam dan Inong) Duta Wisata Aceh yang diseleksi dari 23 kabupaten/kota, yang bertugas mempromosikan wisata Aceh di dalam dan luar negeri.
Dikatakan, setiap pasangan yang mewakili masing-masing daerah akan mengikuti berbagai tahapan selaksi dan pengujian akademis, keterampilan dan kepribadian yang dilakukan oleh tim dewan juri.
“Pasangan terbaik Agam dan Inong Duta Wisata Aceh terpilih, akan diikutkan sertakan mewakili Aceh pada tingkat nasional 2009 di Maluku, guna bersaing kembali dengan Duta Wisata dari daerah lainnya,” ujarnya.
Dari 23 kabupaten/kota di Aceh, hanya 18 daerah yang mengirimkan utusan duta wisatanya untuk diseleksi di tingkat provinsi. Sementara lima daerah lagi tidak mengirimkan utusan yakni Aceh Tenggara, Gayo Lues, Aceh Timur, Abdya dan Simeulue.(mhd)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar